Sabang merupakan sebuah Kotamadya yang terdiri dari beberapa pulau dengan objek wisata yang masih sangat terjaga kealamiannya, mulai dari gunung, danau, pantai, laut, terumbu karang, serta hutannya masih terkesan sangat natural. Kesan alami itu memang sengaja dijaga sebagai objak yang berharga bagi daerah tersebut. Sabang memiliki luas 156,3 km² dengan puncak tertinggi 617 m di atas permukaan air laut.

Sabang merupakan sebuah daerah yang sangat unik bagi Indonesia, selain merupakan daratan paling barat Indonesia yaitu di Tugu Nol Kilometer, Sabang juga merupakan titik daratan paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo yaitu di koordinat 6° 4′ 30″ LU, 95° 6′ 45″ BT. Sabang merupakan kota kecil yang indah dengan struktur tanah berbukit-bukit sehingga warga setempat menyebut Kota Sabang dengan dua nama, yaitu kota bawah dan kota atas.

Kota Sabang sebelum perang dunia II adalah kota pelabuhan terpenting dibandingkan Tamasek (sekarang Singapura). Namun setelah status Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dicabut pada tahun 1985, tempat ini menjadi sepi oleh kapal-kapal dan pengunjung. Bahkan setelah dicanangkan kembali Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas pada tahun 2000, tetap saja tidak dapat mengembalikan citranya yang dulu dikarenakan Singapura saingan terdekatnya kini sudah sangat maju dalam hal fasilitas. Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas ditutup kembali pada tahun 2004 dikarenakan pada saat itu Aceh ditetapkan sebagai Daerah Darurat Militer.

Namun bukan berarti Sabang telah mati, kini sabang telah bangkit dengan wajah baru, sebagai wilayah wisata bahari yang patut diperhitungkan di Asia Tenggara, bahkan didunia. Sebuah wilayah tempat bertemunya Samudera Hindia dan Selat Malaka, sebuah wilayah dengan ratusan spesies ikan, sebuah wilayah dengan lautan yang kaya terumbu karang alami (bukan ditanam/budidaya), dan sebuah wilayah yang bangga dengan kesan hijaunya.


Terdapat banyak tempat yang dapat diikunjungi di Sabang, diantaranya:

1. Pantai Iboh


Bagi penggemar snorkel berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat disini. Berjemur sinar matahari di pantai dengan pasir yang halus dan putih dapat dilakukan pada pantai yang berseberangan. Tempat ini merupakan surganya turis penggemar snorkel dan selam.Terumbu karang hanya berjarak sekitar 5 meter dari tepi pantai berpasir.

Akomodasi berupa makanan dan penginapan tersedia di desa Iboih. Iboih adalah desa kecil dimana kondisi dan layanan penduduk sangat menunjang kenyamanan dalam menikmati atraksi alam sekitar.

Hutan Wisata Iboih terletak bersebelahan dengan Taman Laut Rubiah, dengan luas sekitar 1300 hektar dan juga merupakan daerah terlindung. Hutan ini merupakan hutan hujan tropis yang masih tinggi kerapatannya tetapi selalu mengundang pengunjung untuk menikmati keindahan keasliannya. Hutan ini tempat bagi beragam binatang, banyak terdapat monyet, reptil kecil dan besar, dan burung beraneka warna termasuk burung dara Nicobar yang tidak terdapat di bagian lain Indonesia.

2. Taman Laut Pulau Rubiah

Merupakan pulau kecil dengan luas daratannya 0,357 km² yang terletak sekitar 23,5 km sebelah barat pusat kota Sabang dan bersebelahan dengan Pantai Iboh. Pemerintah Indonesia telah menentukan daerah perairan ini, 2600 hektar sekitar pulau Rubiah sebagai daerah special nature reserve. Terletak di teluk Sabang, dimana air disini relatif tenang dan sangat jernih (25 m visibility) laut disini diisi oleh bermacam trumbu karang dan ikan bermacam warna. Dapat ditemukan gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish, sea fans, dan banyak lagi.

3. Gua Pantai

Terdapat beberapa gua alami di pantai barat Pulau Weh yang terletak berseberangan dengan Hutan Wisata Iboih. Gua-gua ini menghadap ke samudra dan dihuni bermacam burung, kelelawar, dan ular. Menjelajahi tempat ini dengan menggunakan perahu harus didampingi oleh penduduk lokal karena lokasi yang cukup sulit dijangkau, dan berbahaya, terutama antara bulan Mei dan September saat musim angin Barat. Kondisi ini sangat menantang bagi pencinta gua.

4. Danau aneuk Laot


Aneuk Laot dalam bahasa Aceh, yang berarti Anak Laut. Danau Aneuk Laot ini berada ditengah-tengah kota Sabang, dengan panorama yang indah untuk dinikmati di siang hari, karena tempatnya sejuk dan bila senja tiba kita juga bisa menikmati sunset yang mempesona, dan jika malam tiba cahaya dari lampu-lampu dari atas bukit kota Sabang meneranginya. Danau ini merupakan sumber mata air bagi seluruh penduduk Pulau Weh.

5. Pantai Sumur Tiga


Pantai Sumur Tiga merupakan pantai indah yang terletak di Desa Ie Meulee, Pulau Weh. Pantai Pantai Sumur Tiga yang berpasir putih dengan panorama alam yang begitu mempesona.Pantai ini banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing, selain itu banyak olahraga pantai yang disediakan seperti diving dan snorkling. Banyaknya fasilitas yang ditawarkan membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan.

6. Pantai Gapang


Pantai ini tidak kalah indahnya dari Pantai Iboh yang letaknya memang berdekatan. Pantai yang memiliki panorama yang indah ini juga cocok bagi peminat olah raga snorkeling karena mereka dapat menyalurkan hobinya di pantai ini. Kawasan ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti penginapan dan restoran. Disini juga terdapat sebuah sekolah menyelam yang dikelola oleh pasangan dari Belanda.

7. Pantai Kasih


Pantai kasih merupakan objek wisata pantai di Kota Bawah Sabang, hanya berjarak 2 Km dari pusat Kota Sabang. Ditempat ini terdapat area pusat wisata kuliner Kota Sabang. Pantai kasih adalah pantai berbatu dengan banyak pepohonan kelapa sepanjang semenanjung. Di pantai ini  juga dapat ditemui beberapa peninggalan Perang Dunia II berupa benteng-benteng tempat senjata berat seperti meriam.

8. Tugu Nol Kilometer


Belum sah kiranya berkunjung ke Sabang sebelum mengunjungi tempat yang satu ini, tempat yang di klaim sebagai titik daratan paling barat indonesia dan di tandai dengan sebuah monumen berupa Tugu Nol Kilometer. Tempat ini terletak di Taman Hutan Lindung sabang dan berjarak sekitar 40 Km arah barat pusat Kota Sabang. Ditempat ini juga kita akan dimanjakan dengan suasana alam yang indah dan panorama biru laut di kawasan tugu, terutama menjelang mata hari terbenam (sunset).

Selain 8 tempat diatas, masih banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti Anoe Itam, Pantai Tapak Gajah, Sabang Hill, Air Terjun Peria Laot, Puncak Sabang, Sumber Panas Bumi Jaboi, dan lain-lain.

Share