Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara meningkatkan Traffic Alexa Rank pada suatu situs maupun blog. Alhamdulillah, akhirnya Alexa Rank blog ini bisa tembus 100 ribuan. Saya selaku owner pada blog ini, begitu kurang percaya. Apakah saya pantas mendapatkan ini? Lalu, saya cari jalan keluar sendiri. Dan apa sih yang membuat Alexa Rank pada blog saya bisa secepat itu dalam waktu 3 bulan? Setelah saya teliti-teliti, saya menemukan teknik tersendiri. Dan itu memang butuh waktu yang cukup lama. Jika anda mempunyai luang waktu yang bayak dan gunakanlah sebaik-baiknya.

Hemm.. memang semenjak lahirnya blog ini pada bulan Januari dan saya publish pada bulan Februari saya sering online terus setiap hari, walau waktu yang sempit saya usahakan untuk membuka blog. Nah, jika anda memiliki waktu yang banyak, gunakanlah yang sebaik-baiknya untuk terus posting dan mendapatkan pengunjung.

Semakin kecil Alexa Rank kita semakin baik blog kita dimata Search Engine maupun program bisnis online seperti PPC. Dan biasanya situs yang memiliki Alexa Rank yang kecil, biasanya memiliki pengunjung yang begitu banyak. Contohnya : Facebook dan Twitter (Jejaring Sosial lainnya).

Nah, berikut adalah Teknik Ampuh Meningkatkan Traffic Alexa Rank:

  1. Update postingan blog secara rutin dan berkala. Nah, ini adalah point pertama menurut saya untuk meningkatkan Traffic Alexa Rank. Mengapa? Karena jika blog anda tidak memiliki konten yang baru pengunjung akan buru-buru kabur dari blog anda. Dan yang perlu diperhatikan juga terhadap postingan blog adalah dengan konten berkualitas. Karena dengan konten yang berkualitas akan mendatangkan pengunjung. Konten yang berkualitas umumnya artikel yang dibuatnya sendiri tanpa copy paste. Walaupun anda update postingan blog secara rutin dari hasil konten copy paste, Alexa Rank pastinya akan mempertimbangkannya.
  2. Pengunjung yang loyal. Nah, yang ini pastinya point kedua menurut saya. Selain dengan update postingan yang berkualitas, mendatangkan pengunjung juga merupakan Cara Meningkatkan Traffic Alexa Rank. Karena, Alexa juga melihat dari sisi PV (PageView) suatu situs. PageView tersebut kita harus memiliki dan pastinya didatangkan dari pengunjung. Nah, dengan konten yang berkualitas dan mungkin menarik di mata pengunjung. Setiap kali, materi yang ia butuhkan akan mengingat kepada blog anda. Dan biasanya pengunjung tersebut biasanya langsung membuka melalui web address, bookmark, search engine (Google, Yahoo, Bing). Dan itu sudah bisa disebut sebagai Pengunjung yang loyal.
  3. Blogwalking. Ini merupakan point ketiga menurut saya. Sarana untuk mendatangkan pengunjung yang loyal adalah dengan blogwalking kesuatu blog yang satu dan yang lainnya dengan meninggalkan jejak dan jangan sekali-sekali anda meremehkan blogwalking. Walaupun anda jarang update postingan blog secara rutin, tetapi anda mendatangkan banyak pengunjung dengan cara blogwalking, pastinya Traffic Alexa Rank anda akan meningkat. Contohnya banyak sahabat-sahabat blogger kita yang hanya dengan melakukan blogwalking, Alexa Rank blognya bisa meningkat drastis.
  4. Memasang tracker widget. Tracker adalah alat yang berfungsi untuk mencatat statistik blog. Seperti Pageview, Visitor, Maupun yang sedang Online. Mengapa saya memilih ini untuk point keempat? Ya, karena ini bisa memancing si Alexa. Karena dengan Tracker ini kita bisa melihat statistik pengunjung yang datang dan pageview blog kita. Banyak situs penyedia tracker. Tetapi saya hanya percaya dengan Sitemeter dan Histats.
  5. Memasang Alexa Toolbar. Ini adalah point terakhir dari saya. Karena dengan anda memasang Alexa Toolbar. Anda akan dapat melihat Alexa Rank suatu situs dan statistik lainnya yang tercatat pada Alexa.

Kesimpulannya: Terus posting dengan konten yang berkualitas secara rutin untuk mendatangkan traffic pengunjung dan pageview blog atau juga bisa dengan blogwalking kita mendatangkan pengunjung.

Itu semua tergantu pada diri anda masing-masing. Karena ini adalah tanggapan dan opini saya tentang Alexa Rank.

Semoga berkenan dan bermanfaat.

Share