Ibukota dari Kabupaten Nagan Raya adalah Suka Makmue. Kata Nagan merupakan kependekan dari Seunagan yang menunjukkan lima kecamatan hasil pemekaran, sedang Raya berarti besar. Dari sini mungkin diharapkan kelima kecamatan ini akan jadi besar kelak di kemudian hari. Kabupaten Nagan Raya adalah sebuah kabupaten di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kabupaten ini berdiri berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2002 tanggal 2 Juli 2002 sebagai hasil pemekaran Kabupaten Aceh Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Barat di utara, Kabupaten Aceh Barat di barat, Kabupaten Aceh Barat Daya dan Samudra Hindia di selatan dan Kabupaten Gayo Lues serta Kabupaten Aceh Barat Daya di timur. Kabupaten Nagan Raya berada di pantai barat Sumatera yang subur dan sangat cocok bagi pertanian, khususnya padi yang terpusat di kecamatan Seunagan, Seunagan Timur dan Beutong karena ditunjang oleh Krueng Beutong dan Krueng Nagan yang mengalir di wilayah tersebut. Potensi lainnya adalah usaha peternakan dan perkebunan terutama kelapa sawit. Karena sumber daya pertaniannya yang melimpah, maka Nagan Raya dikenal sebagai salah satu lumbung beras utama di NAD.  Di Kabupaten ini juga terdapat tempat wisata menarik yang dapat anda kunjungi, diantaranya:

1. Sungai Krueng Isep

Krueng Isep merupakan sungai yang indah dan masih sangat alami, merupakan obyek wisata akhir pekan masyarakat daerah ini. Lokasi tempat wisata ini berada di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Sungai yang sangat natural ini menjadi tempat wisata favorit tidak hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga dari luar kota. Ramai dikunjungi bila akhir pekan ataupun pada saat hari libur.

2. Panorama Gunung Singgah Mata


Obyek wisata alam ini menjadi favorit tidak hanya penduduk daerah ini, tetapi juga dari luar daerah. Panorama gunung singgah mata memang mempesona. Lokasi tempat wisata ini berada di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Keindahan panorama dari gunung ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk berwisata ke daerah ini. Dengan ketinggian sekitar 6000 kaki dan udaranya yang segar serta sejuk menjadikan obyek wisata yang satu ini selalu ramai di kunjungi.

3. Bendungan Irigasi Jeuram

Salah satu Bendungan Irigasi terbesar di NAD dan merupakan obyek wisata yang banyak dikunjungi karena dilatar belakangi oleh pegunungan bukit barisan yang indah. Lokasi tempat wisata ini berada di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Merupakan Bendungan Irigasi yang cukup besar, dibangun pada tahun 1991-1993 oleh Departemen PU. Irigasi ini mengairi areal persawahan di Kabupaten Nagan Raya. Kebutuhan beras khususnya diwilayah Barat Aceh dipasok dari Nagan Raya. Pemandangan di pintu bendungan sangat eksotik. Terjunan air yang tidak terlalu tinggi dengan lebar mungkin mencapai 50 m, dengan latar belakang pegunungan bukit barisan.

Share