Posting ini saya buat setelah saya berhasil mengatasi ribuan error di webmaster google. Semula saya merasa putus asa melihat banyaknya link error di google webmaster tool. Sampai akhirnya saya mencoba beberapa plugin, atas saran team google untuk redirect link error ke halaman yang tidak membingungkan google dan pengunjung.

Apa penyebab munculnya halaman Error 404

Halaman 404 di WordPress paling sering muncul oleh sebab perubahan dalam struktur permalink dari blog. Jika pemilik blog mengubah struktur permalink blog WP mereka, mereka mungkin akan berakhir dengan masuk link yang menunjuk ke halaman yang tidak valid. Ini berarti pengunjung yang masuk akan menemukan halaman 404 dan bukan konten yang mereka cari.

Penyebab lain dari halaman 404 mungkin dalam kode index.php atau file search.php. Jika ada kesalahan dalam kode dalam salah satu file tersebut, mungkin memberikan hasil dengan alamat yang tidak valid juga (atau mungkin tidak memberikan hasil sama sekali). Jika Anda telah membuat perubahan file index.php atau file search.php, adalah ide yang baik untuk memeriksa dan memastikan mereka tidak menuju alamat tidak sah dan bahwa semua halaman blog kita masih bekerja. Anda bisa gunakan plugin Broken Link Checker (untuk pengguna wordpress). Selalu menyimpan backup dari versi awal setiap file sebelum membuat perubahan akan berguna ketika perlu memutar kembali ke versi sebelumnya.


Salah satu alasan umum lain munculnya halaman 404 disebabkan tidak terinstalnya mod_rewrite pada server. Jika menggunakan Pretty Permalinks, kita harus memiliki mod_rewrite bekerja pada server. Jika Anda mencoba untuk menggunakan Pretty Permalinks dan mendapatkan kesalahan, mod_rewrite adalah hal pertama yang harus di periksa.

Potensi penyebab Kerusakan pada Halaman Error 404

Jika pengunjung mengikuti suatu link ke blog kita dan mereka mendapatkan halaman 404 dan bukan konten yang mereka cari, tidak mungkin mereka akan mencari di blog kita untuk menemukan konten tersebut. Mereka mungkin menganggap bahwa ia tidak sedang berada di situs kita sama sekali, dan pasti akan mencari di tempat lain.

Jika situs Anda dipenuhi dengan kesalahan 404, mungkin Anda akan kehilangan hit di peringkat mesin pencari. Jika search engine spider selalu disajikan dengan halaman non-existant, mereka akan menghukum blog kita karena memiliki link yang tidak valid. Satu atau dua halaman 404 mungkin tidak memiliki banyak dampak, tetapi jika setengah halaman mesin pencari pikir seharusnya tidak ada, Anda akan menerima pukulan yang lebih besar.

Bagaimana Mencegah Halaman Error 404

Cara terbaik untuk mencegah 404 halaman adalah proaktif. Pertama-tama, mengatur permalinks Anda dengan benar dari awal.

Jadilah proaktif tentang link masuk yang tidak benar. Mengirim catatan cepat kepada orang yang menulis link salah ke blog kita dan meminta mereka untuk mengubahnya ke link yang benar. Kebanyakan pemilik blog senang untuk melakukannya.

Jangan menghapus konten. Jika Anda harus melakukannya, daripada menghapus itu sepenuhnya, ide yang bagus adalah mengedit halaman tersebut dan menyediakan beberapa informasi tentang apa yang dulu ada di sana, atau link ke posting atau halaman lain yang mungkin menarik bagi pengunjung.

Ada berbagai plugin yang dapat membantu kita mencegah dan mengelola halaman 404. Di bawah ini daftar berbagai plugin yang dapat mengatasi masalah halaman error 404. Semua plugin ini gratis, mulai dari plugins yang otomatis redirect pengunjung blog kita atau cukup log kesalahan 404.

404 Notifier

Plugin ini dari Alex King akan membantu memberitahu Anda tentang kesalahan 404 yang ada di blog kita. Plugin ini sangat berguna jika kita sedang merubah struktur permalink dan tanpa khawatir risiko URL rusak.

Smart 404

Smart 404 plugin membantu menghilangkan halaman 404 secara otomatis. Jika pengunjung membuka halaman 404, plugin ini akan mencari URL yang diminta untuk melihat apakah ada beberapa pos lain yang mungkin cocok .

Google 404

Widget ini memudahkan untuk menanamkan kotak pencarian Google di halaman 404.

Useful 404

Sebuah plugin yang menciptakan halaman 404 menjadi lebih berguna.

The Free 404 Plugin

Plugin ini menciptakan halaman 404 khusus yang meliputi posting yang berkaitan dengan kata kunci apa pun yang muncul dalam URL yang diminta.

JH 404 Logger

Plugin ini menambahkan widget dashboard yang menampilkan kesalahan 404 terakhir. Ini cara yang bagus unintrusive untuk melihat apakah blog kita menampilkan kesalahan.

WP 404 Images Fix

Plugin ini memungkinkan Anda mengganti gambar kesalahan 404 dengan gambar default yang kita pilih.

Dunstan-style Error Page

Plugin ini dapat digunakan untuk membuat halaman kustom kesalahan serupa seperti yang digunakan pada Dunstan Orchard’s 1976design.com/blog. Halaman kustom 404 akan menampilkan lima posting blog terakhir, kotak pencarian dan pilihan untuk melaporkan kesalahan dan beberapa pilihan lain.

Permalinks Moved Permanently

Plugin ini sangat membantu jika kita mengubah struktur permalink blog dengan mengarahkan url lama ke link baru. Selain mengarahkan pengunjung ke link baru, juga menghasilkan “301 Moved Permanently” sehingga pengunjung secara otomatis diarahkan ke link lain (bersama dengan search engine spider).

Redirection

Plugin ini memonitor kesalahan 404 dan memungkinkan kita membuat banyak pengalihan 301. Hal ini juga memungkinkan kita untuk mengatur redirection kustom yang memungkinkan kita redirect URL ke halaman lain, halaman yang berbeda dari situs web. Redirection akan menciptakan log penuh dari semua pengalihan.

Share