Aceh Utara merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Nanggroe Aceh Darussalam dengan ibu kotanya adalah Lhoksukon (dahulunya adalah Lhokseumawe). Aceh utara yang berjarak tempuh sekitar 5 jam dari kota banda aceh ini memiliki flora seperti kayu merbau, damar, damar laut, semantok, meranti, cemara, kayu bakau, rotan dan sebagainya, dan fauna seperti gajah, harimau, badak, rusa, indus­ kijang, orang hutan, babi, ular dan lain-lain sebagainya beserta wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, diantarnya:

1. Tugu Pahlawan Cot Plieng

Teungku Abdul Jalil Cot Plieng adalah pahlawan Aceh Utara yang berjuang melawan tentara Jepang dalam perjuangan Fisabilillah, demi mempertahankan Agama dan tanah air dari cengkraman penjajahan Jepang. Beliau mangkat pada tanggal 10 Nopember 1942. Untuk mengenang perjuangan beliau dibangun tugu di desa Cot Plieng Kecamatan Syamtalira Bayu Kab. Aceh Utara 10 km sebelah timur Lhokseumawe.

2. Pemandian Krueng Sawang

Sawang 45 km arah barat kota Sawang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Lhokseumawe. Disini terdapat sebuah sungai yang airnya sangat jernih penuh dengan bebatuan, tempat ini merupakan pemandian yang ramai dikunjungi wisatawan. Udaranya yang sejuk, lingkungan yang masih alami, sangat layak dijadikan sebagai lokasi perkemahan. Daerah ini juga dikenal sebagai lokasi perkemahan. Daerah ini juga dikenal sebagai penghasil durian.

3. Air Terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam berada ± 21 km dari Lhokseumawe, tepatnya di Desa Sidomulyo Kabupaten Aceh Utara. Kesederhanaan Alam yang alami oleh gemuruh air dan kicauan burung liar merupakan pesona tersendiri objek wisata ini.

 

4. Pantai Ulee Rubek

Pantai Ulee Rubek, sebuah pantai berpasir putih yang sangat indah. Pantai ini terletak di Desa Ulee Rubek Kec. Seunuddon. Objek wisata yang berjarak 49 km dari kota Lhokseumawe ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

 

5. Pantai Sawang

Pantai sawang merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah. Pantai ini berjarak 29 km dari Lhokseumawe, tepatnya terletak di Desa Sawang Kecamatan Samudera.

Share