Twitter menambah teknologi baru pada situsnya, yang memungkinkan menyensor tweet di negara-negara tertentu.

Sebelumnya, jika pemerintah suatu negara ingin memblokir tweet berkenaan dengan sebuah topik, maka Twitter harus memblokir semua tweet di seluruh dunia.

“Mulai sekarang, kami memiliki kemampuan menahan konten dari dan untuk para pengguna di negara tertentu, namun tetap tidak mengabaikan ketersediaannya bagi pengguna di negara lain,” demikian pengumuman yang disampaikan Twitter melalui blog resminya. Pada tweet yang disensor, Twitter akan memperlihatkan tulisan ‘Tweet Withheld: This tweet from @username has been withheld in: Country’. Seperti yang tampak pada screenshot di bawah ini.

Untuk saat ini, Twitter belum menggunakan kemampuan barunya tersebut. Sensor ini akan dilakukan apabila mereka diminta menahan (withhold) sebuah tweet di negara tertentu.

“Kami akan berusaha agar pengguna tahu — tweet yang disensor. Dan kami akan menandai dengan jelas apabila ada konten yang ditahan,” ungkap Twitter.

Beberapa saat setelah diumumkan, banyak yang khawatir mengenai kemampuan baru Twitter ini. Sejumlah analis menilai, komitmen Twitter terhadap kebebasan berbicara dan berpendapat bisa melemah jika sensor diberlakukan.

Share