Kota Sigli adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pidie. Sigli juga merupakan Ibukota Kabupaten Pidie, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Terletak 112 km di sebelah timur Banda Aceh, Sigli termasuk kota strategis yang dilalui oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Wilayah ini dulunya merupakan stasiun kereta api terbesar di Aceh pada tahun 1960-1970, tetapi sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Kabupaten Pidie berbatasan dengan Selat Malaka di utara, Aceh Besar di barat, Bireuen di timur, dan Aceh Jaya di selatan. Masyarakat Pidie suka merantau dan berdagang, sehingga sering dijuluki “Tionghoa hitam” dan mereka bersama orang asal Bireuen mendominasi pasar-pasar di berbagai wilayah Aceh.  Beberapa objek wisata yang terdapat di Aceh Pidie diantaranya:

1. Air Terjun Tangse

Air Terjun Tangse ini letaknya persis di lintasan Sigli – Meulaboeh, tepatnya di gampoeng Meuriya Kecamatan Tangse, membuat objek wisata ini terkenal sampai ke Meulaboeh – Aceh Barat. Namun sayangnya pengunjung yang datang kesini hanya menikmati pemandangan air terjun saja, karena tidak adanya sarana penunjang lain ditempat ini.


2. Air Panas Pulo Seunong

Sumber Air Panas ini letaknya di Desa Pulo Seunong Kec. Tangse, untuk menempuh lokasi pemandian air panas ini anda harus menyusuri persawahan yang lumayan jauh, namun dengan pemandangan alam dan udaranya yang segar saya yakin anda tidak akan merasa letih.

3. Arung Jeram

Ini khusus untuk anda yang mempunyai nyali, tidak dianjurkan untuk penderita lemah jantung tentunya, Arung Jeram di Kecamatan Tangse menyusuri sungai Geumpang yang berbatu dan mempunyai arus yang deras, jadi bagi yang belum pernah melakukannya harap bergabung bersama yang sudah ahli.

Masih banyak tempat-tempat yang menarik unruk Anda kunjungi di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie khususnya untuk anda yang mempunyai jiwa petualang dan pecinta Alam. Pemerintah Kabupaten Pidie pun hendaknya serius mengelola obyek-obyek wisata di Kec. Tangse. Disini juga masih terdapat Murai Batu yang bersuara merdu.

Share