Kabupaten Aceh Singkil adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini juga terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Kepulauan yang menjadi bagian dari Kabupaten Aceh Singkil adalah Kepulauan Banyak. Ibu kota Kabupaten Aceh Singkil terletak di Singkil.

Singkil sendiri berada di jalur barat Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh, Medan dan Sibolga. Namun demikian, jalurnya lebih bergunung-gunung dan perlu dilakukan banyak perbaikan akses jalan agar keterpencilan wilayah dapat diatasi. Di kabupaten ini terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi, diantaranya:

1. Air terjun Lae Gecih

Air terjun Lae Gecih obyek wisata ini berlokasi di desa Kuta Tinggi / Lae Gecih kecamatan Simpang Kanan. Jarak dengan ibukota kabupaten Aceh Singkil yaitu kira-kira 90 km dan 20 km dari kecamatan.


Kegiatan masyarakat di daerah ini mayoritas budidaya ikan air tawar dan bertani, sehingga wisatawan yang berkunjung di daerah ini dapat melihat kegiatan pedesaaan.

2. Danau Tana Bara

Danau Tana Bara adalah wisata danau yang berlokasi di desa Tana Bara kecamatan Gunung Meriah. Adapun jarak dengan ibukota kabupaten 70 km dan 15 km dari kecamatan.

Fasilitas obyek wisata di daerah ini adalah budidaya ikan kerambah air tawar dan kolam pancing.

3. Danau Cingkam

Danau Cingkam hampir sama dengan Danau Tana Bara bedanya Danau Cingkam berlokasi di desa Cingkam / Solok kecamatan Gunung Meriah. Jarak dengan ibukota kabupaten Aceh Singkil adalah 80 km dan 20 km dari kecamatan.

Fasilitas obyek wisata yang ada adalah budidaya ikan air tawar, udang dan kolam pancing. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan disana biasanya memancing.

4. Pulau Tailana

Pulau Banyak (Pulau Tailana) adalah nama salah satu Kecamatan dari 10 (sepuluh) kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Jumlah penduduknya lebih kurang 6.288 jiwa dengan jumlah desa 7 (tujuh) desa, luas daerah 135 Km² lebih kurang 6.17 % dari total luas Kabupaten Aceh Singkil dengan Ibu Kota nya Pulau Balai.
Kecamatan Pulau Banyak berjarak 26 Mil laut dari Ibu Kota kabuapten Aceh Singkil sedangkan jarak Ke Ibu Kota Provinsi 710 Km + 26 Mil Laut. Untuk menuju ke kecamatan Pulau Banyak harus ditempuh dengan menggunakan Kapal Ferry atau Speed Boat yang selalu tersedia kapan pun dibutuhkan. Mata pencaharian penduduk nya rata-rata nelayan karena kecamatan Pulau Banyak adalah sebuah pulau yang dikelilingi oleh lautan luas.

Share