Kabupaten Bireuen Ibukotanya adalah Kota Bireuen. Kabupaten Bireuen adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Menjadi kabupaten otonom sejak tahun 2000 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara.  Selain itu juga Bireuen menyediakan banyak tempat wisata yang menarik yang dapat anda dikunjungi, diantaranya:

1. Tugu Batee Kureng

Tugu Bate Kureng adalah salah satu tugu yang terletak di jantung Ibukota Bireuen tepatnya di depan Meuligoe Bupati. Diatasnya terdapat batu besar dan telah menjadi lambang kehidupan bagi masyarakat Kabupaten Bireuen. Tugu ini terpancar sebuah ketegaran, ibarat kata “tak lekang di bakar panas, tak lapuk di guyur hujan”.

2. Pemandian Krueng Simpo


Obyek Wisata dengan panorama alam yang sejuk dan bebatuan serta  pepohonan yang rindang ini terletak di sisi jalan Negara Bireuen – Takengon Km. 18. Pada hari libur khususnya Krueng Simpo ramai dikunjungi oleh pengunjung.

3. Batee Iliek

Obyek wisata Batee Iliek adalah tempat wisata pemandian yang dihiasi oleh air sungai yang mengalir di celah – celah bebatuan yang berukuran besar yang terletak di lereng bukit yang berudara sejuk. Setiap hari libur ramai di kunjungi oleh wisatawan domestik. Obyek wisata ini terletak di desa Batee Iliek yang berjarak 44 Km sebelah barat ibukota Kabupaten Bireuen.

4. Pantai Kuala Jangka

Pantai Kuala Jangka merupakan satu-satunya kuala yang sangat potensial bagi masyarakat nelayan di Kecamatan Jangka yang juga merupakam obyek wisata bahari. Lautan yang membentang luas, panorama alam yang indah, ombak yang pecah menghantam bebatuan. Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing bagi masyarakat Bireuen dan sekitarnya. Obyek wisata ini terletak disebelah timur kota Bireuen dengan jarak berkisar 16 km.

5. Pantai Kuala Jeumpa

Pantai Kuala Jeumpa adalah obyek wisata bahari. Pantai yang alamnya sangat indah dengan pulau-pulau kecil yang terletak disamping muara sungai. Ditempat ini juga merupakan tempat bertelurnya penyu. Disamping itu juga merupakan tempat mendaratnya perahu para nelayan tradisional. Pantai Kuala Jeumpa ini terletak di Kecamatan Jeumpa dengan jarak sekitar 5 km dari ibukota kabupaten.

6. Krueng Juli

Obyek wisata Krueng Juli dan Ujong Blang adalah daerah pantai laut yang menyimpan pesona keindahan pasir pantainya. Lokasi obyek wisata panorama pantai ini terletak disebelah utara Kabupaten Bireuen yang berjarak ± 3 Km  tepatnya di desa Ujong Blang dan Krueng Juli Kecamatan Kuala.

Share