Kabupaten Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur ini terletak di perbatasan Aceh-Sumatera Utara. Istilah “Tamiang” berasal dari kata Da Miang. Sejarah menunjukkan tentang eksistensi wilayah Tamiang seperti prasasti Sriwijaya, kemudian ada riwayat dari Tiongkok karya Wee Pei Shih yang mencatat keberadaan negeri Kan Pei Chiang (Tamiang), atau Tumihang dalam Kitab Nagarakertagama. Daerah ini juga dikenal dengan nama Bumi Muda Sedia, sesuai dengan nama Raja Muda Sedia yang memerintah wilayah ini selama 6 tahun (1330-1336). Raja ini mendapatkan Cap Sikureung dan hak Tumpang Gantung dari Sultan Aceh atas wilayah Karang dan Kejuruan Muda di masa itu.

Kabupaten ini berada di jalur timur Sumatera yang strategis dan hanya berjarak lebih kurang 250 km dari Kota Medan sehingga akses serta harga barang di kawasan ini relatif lebih murah daripada daerah Aceh lainnya. Di Kabupaten ini juga banyak tempat wisata menarik yang dapat anda kunjungi, diantaranya:

1. Bukit Kerang

Obyek wisata Bukit Kerang adalah situs archaelogical era Mesolithic ditemukan di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia.

Situs membentang sekitar 120 km ke Tembung, bagian dari Medan di Sumatera Utara, di bagian selatan Kabupaten Aceh Tamiang. Dua situs telah di identifikasi oleh Pusat Arkeologi Medan (Balai Arkeologi Medan). Selama ribuan tahun situs ini telah ditarik lebih jauh dan lebih jauh dari pantai. Jarak situs dari pantai sekarang adalah sekitar 10 hingga 15 km. Para arkeolog yang pertama kali meneliti situs itu arkeolog Belanda di tahun 1920 ke tahun 1930-an.

Situs prasejarah dinamai “Bukit Kerang”, yang berarti “bukit kerang moluska”. Bagian paling penting dari itu adalah sebuah gundukan kerang yang besar, terbentuk dari massa kerang moluska. Prasejarah orang era Mesolithic (5.000-7.000 tahun yang lalu) hidup oleh pantai timur Sumatera dan moluska adalah bahan makanan termudah yang bisa ditemukan. Setumpuk limbah kerang moluska dibangun dari waktu ke waktu. Ada juga tengkorak, brainpans dan tulang yang telah ditemukan di dalam situs. Salah satu gigi tengkorak itu terbuat dari hematit.

Alamat Lokasi Bukit Kerang ini berada Desa Jambo Labu, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, cara menuju lokasi Bukit Kerang ini anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Bukit Kerang ini juga terdapat di desa lainnya di Kabupaten ini yaitu di Desa Pangkalan, Kec.Kejuruan Muda, yang merupakan salah satu situs purbakala, dimana telah ditemukan fosil-fosil manusia purba yang telah hidup ribuan tahun yang lampau.

2. Tangsar Alur Biak


Tangsar Alur Biak adalah wisata pemandian yang terletak di desa Bengkelang kecamatan Bandar Pusaka. Jarak dengan ibukota kabupaten + 40 km dan + 10 km dari kecamatan.

3. Air Terjun Tingkat Tujuh


Tempat wisata ini sangat menarik, karena terdapat air terjun yang bertingkat, sampai tujuh tingkatan. Lokasi ini terletak di desa Selamat kecamatan Tenggulun. Jarak dengan ibukota kabupaten + 60 km dan + 20 km dari kecamatan.

4. Air Terjun Kembar


Tempat wisata yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena disini kita dapat melihat air terjun yang kembar beserta pemandangan alam lain yang indah di pandang mata. Lokasi ini terletak di desa Tenggulun kecamatan Tenggulun. Jarak dengan ibukota kabupaten + 60 km dan + 20 km dari kecamatan.

5. Pemandian Alam


Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat. Wisata pemandian alam dengan air yang sejuk ini terletak di desa Selamat kecamatan Tenggulun Kab. Aceh Tamiang. Jarak tempuh untuk menuju lokasi ini + 35 km dari ibukota kabupaten dan + 5 km dari kecamatan.

6. Pantai Kupang


Pantai yang terletak di desa Pekan Seruway kecamatan Seruway ini sangat banyak dikunjungi warga yang ingin menikmati keindahan panorama pantai terlebih dihari libur. Selain pantai nya yang landai disini kita dapat melihat panorama lautan lepas dan bebatuan karang yang sangat indah. Pantai ini berjarak + 25 km dari ibukota kabupaten dan + 1 km dari kecamatan.

7. Gua Pintu Kuari


Sebuah gua nan eksotik dan masih alami yang banyak dikunjungi wisatawan lokal setiap hari libur kerja ini terletak di desa Selamat kecamatan Tenggulun. Jarak tempuh untuk menuju lokasi ini + 45 km dari ibukota kabupaten dan + 7 km dari kecamatan.

Share